Jumat, 09 Maret 2012

Penerapan Metode Quantum Teaching

PENERAPAN METODE QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN

Seorang pendidik di ibaratkan seorang maestro yang harus mampu mengkombinasikan berbagai cara secara professional agar tujuan dari pembelajaran dapat tercapai. Pendidik berkewajiban mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki siswa untuk belajar lebih lanjut. Kemampuan pendidik sangat diharapkan menjadi kunci keberhasilan siswa dalam mengembangkan potensinya tersebut. Karakteristik dari setiap mata pelajaran menunjukkan kekhususan pula dalam penyampaian materi ajar sehingga antara mata pelajaran yang satu degan yang lain tentunya akan berbeda pula cara penyampaiannya. Interkoneksi psikis dengan fisik peserta didik sangat berkaitan erat. Kelelahan secara psikis dan fisik akan sangat mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran tersebut. Tanda-tanda kelelahan psikis dan fisik antara lain:
1.      Berkurangnya konsentrasi siswa
2.      Siswa cepat merasa bosan
3.      Perhatian beralih ke hal lain diluar pelajaran
4.      Siswa sering berjalan-jalan dalam kelas
5.      Pengerjaan tugas-tugas tidak beres
6.      Tidak berani bertanya kepada guru
7.      Siswa membuat gaduh
Bila keadaan tersebut di abaikan saja maka yang akan terjadi tentu pelajaran tidak tuntas dan tidak adanya pemahaman terhadap materi.
     Quantum Teaching merupakan metode pembelajaran yang menyenangkan serta menyertakan segala dinamika yang menunjang keberhasilan pembelajaran itu sendiri dan segala keterkaitan, perbedaan, interaksi serta aspek-aspek yang dapat memaksimalkan momentum untuk belajar. Menurut Bobbi De porter, Quantum Teaching hampir sama dengan sebuah simfoni yang di dalamnya banyak unsur atau faktor yang berpadu dan mewarnai hasil akhir yang indah. Disinilah peran seorang pendidik akan sangat menentukan keberhasilan siswa dalam belajar. Secara garis besar, seorang pendidik harus mampu mengembangkan kreatifitas pembelajaran melalui dua unsur yaitu konteks dan konten. Konteks disini berarti pendidik berupaya menciptakan lingkungan yang mendukung, menciptakan suasana yang harmonis, membangun sebuah keseimbangan sebagai landasan yang kuat dan menginterpretasi rancangan belajar yang dinamis. Sedangkan konten meliputi penyajian dari persiapan pembelajaran, menciptakan fasilitas yang prima serta mengajarkan dan memanfaatkan ketrampilan yang ada.
    
Rancangan metode Quantum Teaching menggunakan Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan. Jika di akronimkan menjadi TANDUR. Definisinya sebagai berikut:
  1. Tumbuhkan               : Tumbuhkan minat siswa untuk belajar lebih giat
  2. Alami                          : Berikan pengalaman-pengalaman belajar secara alami
  3. Namai                         : Berikan informasi secukupnya saat minat memuncak
  4. Demonstrasikan        : Berikan kesempatan pada para siswa untuk menunjukkan hasil kerjanya
  5. Ulangi                         : Ulangi kembali untuk memantapkan pemahaman siswa
  6. Rayakan                     : Rayakan suatu keberhasilan yang diraih siswa
Contoh penerapan metode Quantum Teaching ini misalnya guru menyampaikan materi ajar terlebih dahulu kemudian siswa diminta mengajukan sebuah pertanyaan tertulis yang berkaitan dengan materi kemudian guru melempar pertanyaan tersebut kepada para siswa dan berilah kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan tersebut. Setelah itu adakan evalusi terhadap jawaban siswa. Contoh lainnya, guru mengajarkan tentang larangan membuang sampah sembarangan. Guru dapat menggunakan media poster sebagai sarananya lalu siswa di minta membuat poster tentang larangan membuang sampah sembarangan. Selanjutnya poster tersebut ditempatkan di dinding samping. Dapat pula di bentuk kelompok yang mana tiap kelompok tersebut membuat satu poster yang temanya berlainan dari kelompok lain.

Kelebihan metode Quantum Teaching ini menjadikan guru dan siswa lebih kreatif, meningkatkan rasa percaya diri dan minat siswa, mengembangkan pola pikir, pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas tidak menjenuhkan, melatih rasa tanggung jawab dan disiplin siswa serta melatih keberanian siswa. Sedangkan kekurangan dari metode Quantum Teaching ini terkait sarana dan prasarana serta membutuhkan waktu yang lumayan lama dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran.

Semoga dengan banyaknya variasi metode pembelajaran, materi ajar dapat diserap sepenuhnya oleh para siswa. Amien.


0 komentar:

Posting Komentar

Kami menghormati Kritik dan Saran yang membangun....